Guru, Buku, dan Internet


Begitu banyak fakta tentang minat baca anak sekolah di Indonesia yang kurang gemar membaca, banyak program dan langkah dicanangkan demi terwujudnya gemar membaca,  tetapi itu tidak terlepas dari tidak sedikit pula guru yang tidak gemar membaca, bisa dilihat dari banyaknya guru yang hanya mengajarkan materi pembelajarannya dari satu sumber buku paket saja, tanpa melihat sumber lain sehingga bobot materi yang diajarkan sangat dangkal dan tidak variatif ditambah metode pembelajaran yang membosankan karena kurangnya referensi dalam metode pembelajaran, kita tidak bisa menyalahkan sepenuhnya pada anak didik yang tidak gemar membaca karena gurunya juga tidak gemar membaca. guru kencing berdiri, murid kencing berlari, Untuk menggalakan gemar membaca murid, harus dimulai dari gemar membacanya guru.
Baiknya setiap sekolah mempunyai perpustakaan guru yang berisi buku-buku pendidikan, pengajaran, pembelajaran dan segala hal tentang dunia keguruan yang dibeli setiap bulan sekali oleh pihak sekolah maupun dari masing-masing guru, kemudian setiap guru diberi tugas untuk membaca satu buku dan mempresentasikan isi buku tersebut didepan guru-guru lain pada rapat mingguan atau bulanan guru, sehingga setiap guru dapat merasakan ilmu yang ada pada buku-buku pendidikan dengan cepat dan efisien.
Selain itu, buku tidak hanya dijadikan satu-satunya media untuk dijadikan sarana membaca, Internet merupakan sarana penting di zaman globalisasi ini, apalagi sekarang internet bukan lagi barang mewah dan mahal, hampir disetiap sekolah penerima BOS terdapat anggaran berlangganan internet yang bisa dinikmati guru, Itulah kesempatan emas yang dapat digunakan guru untuk membaca. Guru dapat mendapatkan segala hal tentang pendidikan di internet, tinggal mengetikan kata kuncinya di google, maka akan keluar berbagai macam situs yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Banyak hal tentang pendidikan yang bisa didapatkan di Internet:
Berita Pendidikan, Berita tentang kebijakan-kebijakan pemerintah atau penemuan-penemuan baru tentang metode pendidikan biasanya selalu ada dalam tag atau kategori pendidikan dalam setiap situs berita online.
Artikel Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Hal-hal yang berhubungan tentang pedagogi guru dalam mengajar, mengelola kelas, bahkan memahami gaya-gaya belajar dan psikologi peserta didik sehingga bisa mencapai tujuan yang maksimal dalam menyampaikan materi.
Materi Pembelajaran Interaktif, Di internet terdapat banyak situs-situs pembelajaran yang menyediakan berbagai media dalam pengajaran  seperti video, cara cepat memahami, metode yang menyenangkan, atau buku elektronik seperti Buku Sekolah Elektronik yang disediakan Kemdikbud, sehingga guru dapat menjelaskan materi dari berbagai pandangan dan wawasan dan menjadikan pembelajaran lebih variatif dan menyenangkan.
Selain Buku dan Internet, banyak sarana lain yang bisa dijadikan sarana membaca seperti Koran, majalah, jurnal, bahkan skripsi dan disertasi. Kesimpulannya, jadilah guru yang berwawasan luas dan up to datedengan gemar membaca.
Share on Google Plus

About dzulfiidris

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment