RESONANSI HATI DALAM MENDIDIK


RESONANSI HATI DALAM MENDIDIK
Oleh Dzulfikri Al Mutawadli

Gabung Grup WA
http://bit.ly/joinwadzulfi
==========

Tahukah anda dengan nama-nama berikut?
KH Hasyim Asyari, KH Ahmad Sahal, KH Zaenudin Fanani

Ya, KH Hasyim Asy’ari adalah pendiri Ormas terbesar NU sedangkan KH Ahmad Sahal dan KH Zaenudin Fanani adalah Pendiri dari Pondok Modern Darussalam Gontor.

Yang menarik dari nama-nama di atas adalah mereka sama-sama pernah belajar di pesantren yang sama, yaitu Pondok Pesantren Hamdaniyah di Sidoarjo.

kalau melihat kiprah dari alumni pesantren ini, mungkin banyak orang menganggap pesantren ini memiliki sistem pendidikan terbaik, atau fasilitas yang lengkap,

nyatanya tidak.

Bila anda mencari di google tentang pesantren ini, asramanya hanya Berdinding anyaman bambu dan diberi jendela pada setiap kamarnya serta bangunan yang disangga dengan kaki-kaki beton.

Setiap asrama dibagi dalam beberapa kamar yang diisi dua hingga tiga santri dengan ukuran ruangan 2 x 3 meter. Di dalam kamar kecil itulah, tempat para santri belajar dan beristirahat.

Melihat fakta itu dan banyak kisah-kisah santri yang menjadi pahlawan nasional dan pejuang yang mempunyai kontribusi besar bagi masyarakat dan bangsa, ternyata latar belakang pesantren mereka tidak jauh berbeda dengan kondisi Pondok Pesantren Hamdaniyah ini.

Saya pribadi sebagai guru selalu mencari faktor-faktor penyebab kesuksesan siswa, dan pada beberapa tulisan kedepanpun, saya akan menulis tentang kesuksesan ini dan apa yang bisa guru lakukan.

Lalu apa yang menjadikan alumni-alumni pesantren menjadi orang-orang yang bermanfaat?

Mungkin ada beberapa diantara anda yang pernah membaca broadcast cerita WhatsApp tentang seorang santri senior yang mengeluhkan beberapa santri yang sangat nakal, 
Kyai meminta nama-nama santri yang paling bandel tersebut, bukannya dihukum, tetapi kyai itu malah mendoakan mereka dalam tahajud, dan akhirnya salah satu santri tersebut ada yang menjadi pimpinan pondok.

lalu apa hubungan cerita di atas dengan jawaban yang akan dihadirkan?

Ingin tahu cerita lengkapnya, silahkan
1. Join Grup WA Dzulfikri Education Notes dengan klik link ini http://bit.ly/joinwadzulfi

untuk Grup Whatsapp, jangan khawatir memenuhi memori, karena grup diatur hanya admin yang bisa posting, dan postingan hanya satu pekan sekali

Share on Google Plus

About dzulfiidris

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment