Review Ujian Online Versi Perprov Jabar, Kelebihan dan Kekurangan (Bagian 2)




Modul Yang belum berjalan maksimal dan usulan tambahan fitur setiap modul
Dapat dipahami untuk membuat aplikasi cbt yang benar-benar membutuhkan waktu, penulis menganggap kekurangan ini karena memang sempitnya waktu untuk mengecek ulang modul-modul yang telah dibuat.
Ada beberapa modul yang sudah dipasang di aplikasi ini tetapi tidak berjalan atau masih terjadi kesalahan

Nama Sekolah tidak muncul di modul sekolah

Mata Pelajaran tidak bisa menggunakan kode 1 sampai 9, ketika awal membuat crop soal, beberapa guru sudah mengumpulkan savean crop soal, dan setelah di upload, dan di sortir di modul lihat daftar soal, soal-soal yang diupload tidak keluar, setelah diselidik ternyata semua pelajaran yang tidak keluar punya satu kesamaan: hanya kode mapel hanya satu digit. Setelah saya ganti kode soal di server dan database crop soal, Alhamdulillah semua soal bisa terupload dengan baik.
Kemudian dalam hal lainnya adalah menu sortir yang ada di kepala table tidak bisa diurutkan secara alphabet ataupun secara numerik.

Cetak Kartu Ujian, Di modul peserta ujian, ada pilihan tersebut, tetapi ketika di klik, tidak muncul apa-apa
USULAN: dalam hal cetak kartu Ujian sebaiknya sudah sekalian masuk ke user manager agar tidak 2 kali input data

Soal Audio, dalam fitur buat soal, ada kolom audio untuk dimasukan, tetapi ketika mapel bahasa inggris dan penulis memasukan audio dan dicoba di computer client, audio sama sekali tidak dapat diputar.
USULAN: untuk audio ini sebaiknya ada fitur pra tinjau untuk memastikan suara keluar

Edit Soal, ketika akan mengedit soal yang sudah ada untuk merubah kompetensi dasar, setelah mengklik tombol simpan, gambar yang sudah ada langsung hilang. Kemudian ketika kita buat soal sendiri dengan mengetiknya langsung di computer, tampilan soal di computer siswa terlalu kecil dan tidak dapat diatur ukurannya.

Mapel & Upload Soal, dalam upload soal dari offline, penulis pernah menemukan kasus ketika upload tidak muncul di daftar soal ketika di sortir, ternyata masalahnya kode Mata pelajaran di modul master menggunakan digit 1 – 9, maka disarankan agar mapel tidak dimulai dari satu digit, mulailah dari angka 10.

Paket Soal, modul ini tidak bisa penulis gunakan karena ketika memilih soal-soal untuk paket tertentu dan di ujicobakan di computer siswa, apa yang dipilih di paket dan apa yang muncul tidak sama. Contoh ketika penulis mencoba membuat paket soal matematika untuk ipa dan ips, ternyata ketika siswa mengerjakan, soal paket ips tetap bercampur dengan soal paket IPA.
USULAN: ada menu sortir dan cek all di menu tambahkan soal-soal ke paket.

Buka Ujian Online, kekurangan yang ada adalah adanya pilihan Kelas dalam ujian online, penulis mencoba mendetailkan isian di ujian online sampai dibedakan antara kelas IPS dan IPA, ternyata ketika diisi detail kelasnya, di computer siswa malah tidak muncul tampilan buka ujiannya.
USULAN:
Dalam pilihan membuat ujian, bisa ditambahkan tidak hanya tanggal ujian, tetapi jam ujian untuk mengatasi beberapa ujian dalam satu hari.
Dalam pengerjaan di siswa menggunakan system memasukan token.

Analisis, Secara umum semua tombol berjalan, kecuali tombol export excel di analisis soal, ketika mengklik tombol ini tidak mendownload sama sekali.
USULAN: tidak ada tombol export di menu analisis soal

User manager, semua fungsi berjalan baik, kecuali fungsi tautan dengan User Guru yang tidak bisa berjalan
USULAN: User manager ini sebaiknya ada menu import dan export agar admin tidak usah input satu-satu.

USULAN LAINNYA:
Selain beberapa bug yang didapat dan usulan per modul, penulis juga ingin memberikan beberapa usulan terkait system keseluruhan

1.       Keamanan minim
Karena basisnya php dan mysql, bagi yang paham tentang mysql, password admin bisa dilihat di mysql, jadi ada kemungkinan siswa yang paham dan sedikit nekat bisa membuka soal yang akan diujikan.
USULAN: menggunakan VHD seperti halnya UNBK dan passwordnya bisa di reset via email.
2.       Tampilan Komputer Siswa
Dalam tampilan computer siswa penulis lebih suka interface unbk 2017 dimana ada format login, Konfirmasi data peserta tetapi ditambah dibawahnya informasi terkait ujian yang telah dikerjakan peserta, dan konfirmasi Test ketika memasukan token ujian.
Tambahkan Satu Menu yaitu menu ‘Administrasi Ujian’, yang didalamnya terdapat Submenu: Daftar Hadir Peserta Ujian, Berita Acara Pelaksanaan, Cetak kartu Ujian (tambahkan format dengan Photo peserta).
3.       Tambahan submenu di menu ‘Analisis’
Hasil Ujian Individu, yang didalamnya preview lembar jawaban digital per anak dan berisi jawaban anak per soal, dan keterangan KD yang belum terkuasai, tak lupa ada tombol Print satu maupun print semua untuk mencetak lembar jawaban secara hardfile.
Format lembar jawaban
1.       Data Pribadi Siswa Beserta photo
2.       Data Tes yang dikerjakan (Mapel, Guru Pengajar, dll)
3.       Data jawaban anak per soal (formatnya tabel mulai no 1 – soal berakhir, contoh 1. A)
4.       Data Kompetensi Dasar yang belum di ampu.
Peta Kemampuan Individu, di dalam menu peta kemampuan individu, file yang dapat di export bukan hanya jumlah salah-benar, nilai puluhan dan satuan, tetapi mohon tambahkan KD yang belum tuntas di kolom berikutnya.
4.       Sinergi antara Data Peserta dan Guru dengan User Manager.
Ketika ingin membuat data login peserta ujian dan guru, admin harus menginput dua kali, di menu master dan menu user manual, semoga di versi selanjutnya ketika kita menginput data di peserta ujian, langsung keluar data username dan password(bisa memilih otomatis random atau manual)


Itulah beberapa kekurangan dan usulan (walaupun sebenarnya agak banyak, maaf y tim developer) semoga dengan usulan ini bisa menjadi bahan pertimbangan tim developer untuk membuat aplikasi ujian online yang terbaik, dan mudah-mudahan pemprov tetap menjadikan aplikasi ini freeware tapi tetap berkualitas.
Terimakasih untuk para tim yang telah bekerja keras membuat ujian online ini, secara umum aplikasi ini termasuk hebat, usulan di sampaikan agar aplikasi ini semakin hebat dan lebih bermanfaat bagi pendidikan di Jawa Barat.
Share on Google Plus

About dzulfiidris

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment