Review Ujian Online Versi Perprov Jabar, Kelebihan dan Kekurangan (Bagian 1)

Aplikasi Ujian Online dari Pemprov Jabar



Awal saya mendapatkan aplikasi ini ketika pelatihan Proktor UNBK di SMAN 2 Padalarang Kab Bandung Barat, ketika itu Pak Budi yang mengajarkan cara penggunaannya, dan alhamdulillah Sekolah kami bisa menggunakan aplikasi ujian online ini ketika Ujian Sekolah.

Aplikasi ujian online ini berasal dari pemprov Jabar tetapi tidak disebutkan siapa atau tim mana yang membuat aplikasi ini, dengan basis sript PHP dan database mysql, dan tampilan yang menari, aplikasi ini dapat digunakan melalui internet ataupun intranet, berikut spesifikasinya

KRITERIA
KETERANGAN
Penginputan soal ke aplikasi oleh guru
Mudah dipahami dan digunakan
Pengerjaan soal oleh Siswa
Mudah digunakan
Hasil/ Nilai dari ujian
Nilai bentuk skala 100 dan 4
Terdapat jumlah salah dan benar
terdapat analisis soal
terdapat analisis daya serap
terdapat analisis KD yang belum dikuasai
Keamanan Aplikasi dari Kebocoran Sistem
1 tingkat

KELEBIHAN UJIAN ONLINE VERSI PEMPROV JABAR
Kelebihan Utama dari aplikasi ini, Freeware, alias Gratis, Scriptnya diberikan secara cuma-cuma

Kelebihan lainnya: 
Penginputan soal mudah dipahami dan digunakan
Aplikasi Crop soal untuk memudahkan guru membuat soal ujian online

Ini yang saya suka, aplikasi ini memiliki aplikasi pendamping yaitu cropsoal yang dapat di download di dashboard pembuka. Fungsi dari cropsoal adalah mengcrop soal yang diketik guru di ms word ke dalam system database aplikasi, dengan catatan file ms word tersebut harus dikonversi kedalam format pdf, dan cropsoal ini dapat digunakan secara offline di laptop masing-masing guru.
Dengan cropsoal ini para guru yang sedikit gaptek dapat lebih mudah memasukan soalnya ke dalam database tanpa perlu mengisi di computer admin, Alhamdulillah Ujian Sekolah dapat dilakukan dengan cepat karena bantuan aplikasi ini. 

 Hasil nilai yang lengkap

Sepertinya developer aplikasi ini seorang guru atau mungkin intensif berkonsultasi dengan guru, karena analisis yang dibutuhkan guru terdapat di aplikasi ini, seperti nilai skala 100 dan 4, analisis soal, dan analisis daya serap, walaupun ada sedikit kekurangan yang akan saya bahas di bab kelemahan

Dashboard admin yang userfriendly
Dashboard Ujian Online ketika login sebagai admin
Semua menu di dashboard sangat mudah dipahami, setiap ada perubahan data yang belum disimpan akan terlihat tanda merah di pojok kiri atas. Selain itu untuk menu terdiri dari:

Master, menu yang berisi input-input data, mulai dari data sekolah, Mata pelajaran, kompetensi dasar, Kelas/Rombel, Peserta ujian/ murid, dan Guru, di list terakhir ada menu Download data offline yang dijadikan database aplikasi cropsoal.

Soal, menu ini berisi segala hal tentang database soal, ini yang saya pernah bahas ditulisan ‘Mencari Ujian Berbasis Komputer Terbaik (Part 1)’ bahwa jalan tengah dari penginputan soal yaitu dengan membuat modul bervariasi dari mudah sampai rumit, tiga menu pertama, terdiri dari yang paling rumit: Buat soal, sedikit rumit: Upload soal dari gambar dan yang paling mudah:upload soal dari offline(savean dari cropsoal), di menu terakhir kita bisa melihat semua daftar soal yang telah di upload.

Paket soal, dalam menu paket soal tidak terdapat tambahan submenu drop list, tetapi langsung menuju modul Paket dan Soal dalam paket, ini berguna untuk mengelompokan paket soal untuk kelas IPA dan IPS, walaupun sudah ada modul acak soal sehingga untuk kelas yang sama dibutuhkan 1 paket soal saja dengan pilihan acak soal. Di menu ini belum bisa saya gunakan dan akan saya bahas di bab kelemahan

Buka Ujian Online, Menu inipun sudah terbilang lengkap, terdiri dari nama ujian, mata pelajaran, tingkat, tanggal mengerjakan, jumlah soal, dan paket soalnya

Setting, di menu setting, developer sangat memberi kebebasan, sampai perubahan menu keseluruhan, kemudian user manager dan grup manager, dan pengaturan akun yang dimiliki atau profil, dan tak lupa tombol keluar untuk log out.

tadinya Judul ini mau langsung ditulis kedalam satu tulisan, ternyata tulisannya lumayan panjang, supaya pembaca tidak pegel membaca, penulis bagi jadi dua, untuk tulisan selanjutnya akan saya paparkan kekurangan yang terdapat di ujian online ini.
Share on Google Plus

About dzulfiidris

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment